Beranda / Berita Haji & Umroh / PELAKSANAAN UMROH BAGI JAMAAH UMROH INDONESIA DIMULAI KEMBALI

PELAKSANAAN UMROH BAGI JAMAAH UMROH INDONESIA DIMULAI KEMBALI

Mutiara Haji | Saturday, 09/October/2021

PRESS BRIEFING MENLU RI

DIMULAINYA KEMBALI PELAKSANAAN UMROH BAGI JAMAAH UMROH INDONESIA

Mutiara Haji, 9 OKTOBER 2021 | Rekan-rekan media yang saya hormati,

Setelah melalui pembahasan yang cukup lama, baik pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan juga Menteri Agama, dan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik, maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021, telah menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  • ​Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah umroh Indonesia.
  • Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jamaah umroh Indonesia untuk melakukan ibadah umroh.

Teman-teman,

Di dalam nota diplomatik tersebut juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah.

Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Rekan-rekan media yang saya hormati,

Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya.

Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini.

Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama.

Sebagaimana teman-teman ketahui bahwa pertemuan saya terakhir dengan Menteri Luar Negeri Saudi Arabia terjadi di sela-sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York.

Demikian teman-teman yang dapat saya sampaikan. Terimakasih.

Sumber: Kementerian Luar Negeri​

Berita Terkait
BERITA TERBARU
09/10/2021
DIMULAINYA KEMBALI PELAKSANAAN UMROH BAGI JAMAAH UMROH INDONESIA

Rekan-rekan media yang saya hormati, Setelah melalui pembahasan yang cukup lama, baik pada level Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan dan juga Menteri Agama, dan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik, maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021, telah menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

08/10/2021
KBRI Den Haag Dukung Pemajuan dan Pemberdayaan Perempuan dalam Bidang Sains

Den Haag, Belanda – KBRI Den Haag bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Eindhoven menyelenggarakan webinar bertemakan “Women in Science: Promoting and Empowering Women Scientist to Change the World” pada 1 Oktober 2021. Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Mayerfas kembali menegaskan bahwa upaya Indonesia dalam pemberdayaan perempuan ada di setiap tingkatan, baik nasional, regional, maupun global. Bagi Indonesia, berinvestasi pada perempuan berarti berinvestasi dalam hak asasi manusia.

08/10/2021
Gali Potensi dan Kemampuan Pelajar CLC Tingkat SD di Bidang Akademik dan Seni, Konsulat RI Tawau kembali Gelar Ajang A​presiasi Prestasi dan Seni

​Tawau, Malaysia – Konsulat Republik Indonesia Tawau bekerja sama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur kembali menggelar kegiatan perlombaan A​presiasi Prestasi dan Seni (APSI) tahun 2021, yang merupakan ajang kompetisi antar pelajar CLC tingkat Sekolah Dasar, di bidang akademik dan seni, di wilayah kerja Konsulat RI Tawau (06/10/2021). Dikarenakan masih dalam suasana Pandemi Covid-19, rangkaian kegiatan APSI kali ini seluruhnya dilakukan secara online.

08/10/2021
Indonesia sebagai Country Partner dalam “Craftistanbul” 2021

Setelah sukses menjadi Focus Country pada ajang Coffex Istanbul bulan September lalu, Indonesia kembali menjadi Country Partner pada pameran kerajinan tangan terbesar di Turki “The 2nd CraftIstanbul” yang berlangsung di Expo Center Dr. Mimar Kadir Topbas Show and ART Center, Yenikapi, dari tanggal 6-10 Oktober 2021. Dengan Tagline “Indonesian Craft: Local craftmanship, Global Value”, Pavilion Indonesia, hasil kerja sama KJRI Istanbul dan MUSIAD Indonesia siap untuk memamerkan warisan kekayaan budaya bangsa yang dikerjakan oleh pengrajin lokal terbaik di Indonesia”, ungkap Konjen RI di Istanbul, Bapak Imam Asari pada sambutan kegiatan Press Briefing di Pavilion Indonesia pada Rabu, 6 Oktober 2021.

08/10/2021
Peringati 10 Tahun GCTF, Menlu RI Tegaskan Pentingnya Kerja Sama dalam Upaya Penanggulangan Terorisme Global

Jakarta, 8 Oktober 2021 —- “Situasi pandemi berpotensi memperkuat dorongan dilakukannya aksi terorisme oleh masyarakat, yang diakibatkan oleh adanya faktor kesulitan

Periksa Juga

Kunjungan Ustadz Khalid Basalamah untuk bertakziah ke Rumdin Ridwan Kamil untuk Doakan Eril

Bandung, Jawa Barat – Para pelayat terus berdatangan ke Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, tempat …

Satu komentar

  1. Bergabung bersama Mutiara Haji
    Mutiara Haji

    Majelis Utama Travel Indonesia Arahan Haji dan Umroh adalah perkumpulan travel penyelenggara ibadah haji dan umroh.

    Dengan mengedepankan semangat Dakwah, Sosial dan Ekonomi, kami berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umroh di Indonesia dari sisi syar’i dan profesionalisme teknis penyelenggaraannya, insyaAllah.

    https://mutiarahaji.com/bergabung-bersama-mutiara-haji/

Leave a Reply

Your email address will not be published.